Mari Mengenal Bahan Flanel / Flannel

Apa Itu Flanel?

Flanel adalah kain tenun yang halus, berbagai kehalusan. Flanel ini awalnya terbuat dari wol atau benang worsted carded, tapi sekarang sering terbuat dari wol, katun, atau serat sintetis. Tekstil yang terbuat dari pinus Skotlandia disebut sayur flanel. flanel mungkin disikat untuk membuat kelembutan tambahan atau tetap unbrushed. Menyikat adalah proses mekanis dimana logam sikat halus menggosok kain untuk meningkatkan baik serat dari benang longgar berputar. Biasanya, flanel memiliki baik tunggal atau ganda-sisi tidur siang. Napped ganda flanel mengacu pada kain yang telah disikat pada kedua belah pihak. Jika flanel tidak napped, itu keuntungan dengan kelembutan melalui benang longgar berputar dalam bentuk kain. Flanel biasanya digunakan untuk membuat pakaian tartan, selimut, seprai, dan pakaian tidur.

Sejarah Kain Flanel

Asal-usul perkataan tidak pasti, namun asal Wales yang telah diusulkan sebagai kain mirip dengan flanel dapat ditelusuri kembali ke Wales, tempat itu dikenal pada awal abad ke-16. Istilah Perancis flanelle digunakan pada abad ke-17, dan Flanell Jerman digunakan pada awal abad ke-18. 

Flanel telah dibuat sejak abad ke-17, berangsur-angsur menggantikan dataran Welsh yang lebih tua, yang beberapa di antaranya diselesaikan sebagai "katun" atau kubu yang produk tekstil lokal. Di abad ke-19, flanel dibuat terutama di kota-kota seperti Newtown, Montgomeryshire Hay on Wye, dan Llanidloes. Perluasan produksi sangat erat kaitannya dengan penyebaran carding pabrik, yang dipersiapkan wol untuk berputar, makhluk ini aspek pertama produksi wol kain untuk menjadi mekanik (dari fulling). Pemasaran pakaian wol Welsh ini sebagian besar dikontrol oleh perusahaan Drapers Shrewsbury. 

Pada satu waktu, Welsh, Yorkshire, Lancashire dan Irlandia flanel berbeda sedikit dalam karakter karena sebagian besar untuk kelas mentah wol yang digunakan di beberapa wilayah, beberapa yang lebih lembut dan lebih halus daripada yang lain. Sementara saat ini, warna flanel ditentukan oleh pewarna, awalnya ini dicapai melalui pencampuran wol putih, biru, coklat dan hitam dalam proporsi yang berbeda-beda. Nuansa ringan dicapai oleh bleaching dengan belerang dioksida.

Awalnya terbuat dari wol pokok yang halus, pendek, tetapi oleh abad campuran dari sutera dan kapas telah menjadi umum. Ini adalah saat ini bahwa flanel celana menjadi populer di olahraga, terutama kriket, di mana ia digunakan secara ekstensif hingga 1970-an.

Penggunaan flanel kemeja kotak-kotak pada puncak pada 1990-an dengan band grunge populer seperti Nirvana dan Pearl Jam menggunakan mereka sebagai salah satu merek dagang yang terlihat berbulu mereka.

Jenis Kain Flanel

Kain flanel biasanya merujuk ke kapas napped tekstur flanel. Pakan umumnya kasar dari lengkungan. Flanel-seperti penampilan diciptakan dengan menciptakan tidur siang dari pakan; menggaruk itu dan mengangkat itu. Kain flanel dapat memiliki tidur yang panjang atau pendek, dan dapat napped di satu atau dua sisi. Datang dalam banyak warna, baik padat dan bermotif.
  •  Baby flaneladalahkainringandigunakanuntukchildrenswear.
  • Katun halus atau Kanton flanel adalah kain kapas napped di satu sisi atau dua sisi. 
  • Ceylon flanel adalah nama untuk campuran wol dan kapas. 
  • Diaper flanel adalah kain kapas gemuk napped di kedua sisi, dan digunakan untuk membuat popok kain. 
  • Vegetable flannel diciptakan oleh LĂ©opold Lairitz di Jerman pada tahun 1800, menggunakan serat dari Skotlandia pinus daripada wol.

0 Response to "Mari Mengenal Bahan Flanel / Flannel"

Posting Komentar